Location Picker at Checkout (LPAC) adalah plugin WordPress yang kuat yang bekerja dengan WooCommerce untuk memberi pelanggan Anda lebih banyak kebebasan dan fleksibilitas dalam hal pengambilan dan pengiriman.
Misalnya, jika Anda menjalankan bisnis taksi atau berbagi tumpangan dan alat geolokasi Anda yang biasa hanya memberi pelanggan area geografis kasar untuk memilah dari mana mereka dijemput, itu tidak hanya membuat frustrasi penumpang Anda, itu juga dapat membuat frustrasi pengemudi. hidup yang sulit
Apakah Anda menjalankan layanan pengiriman makanan dan tidak dapat menentukan dengan tepat alamat, gedung, atau lantai tempat pelanggan Anda yang lapar menunggu makanan mereka?
Inilah masalah yang ingin dipecahkan oleh pemilih lokasi di Checkout.
Tersedia dalam opsi gratis dan premium, plugin ini menggunakan Google Maps yang dapat disesuaikan yang terintegrasi dengan mulus dengan branding situs web Anda, dan beberapa alur kerja pengiriman sehingga Anda dapat menghitung biaya secara akurat berdasarkan jarak, wilayah, dan menentukan lokasi toko.
LPAC memungkinkan pemilik toko untuk mendapatkan detail lokasi yang lebih tepat dari pelanggan tanpa harus menanyakan arah atau informasi lokasi melalui telepon, email, atau SMS. Ini membuatnya ideal untuk banyak pekerjaan, termasuk:
Cara menggunakan pemilih lokasi saat checkout untuk mengoptimalkan pengiriman pelanggan
1. Unduh dan instal plugin

Sebagian besar yang perlu kita lakukan untuk proses ini dapat dilakukan dengan Pemilih Lokasi versi gratis di Checkout, yang dapat diunduh dari direktori plugin WordPress.
Jadi mulailah di sini, unduh plugin, lalu buka dasbor WordPress Anda dan buka itu Plugin – Tambahkan baru Dan instal plugin dari desktop Anda.
2. Pilih Perbarui

Setelah aktivasi, Anda akan diminta untuk memilih pembaruan keamanan dan fitur penting. Melakukan hal ini sangat berharga karena memastikan Anda selalu menggunakan versi plugin terbaik setiap kali pengembang membuat perubahan.
Lanjutkan artikel di bawah ini
3. Dapatkan kunci Google Maps API Anda

Sebelum Anda dapat melakukan apa pun dengan Pemilih Lokasi di Checkout, Anda memerlukan kunci Google Maps API, jadi tugas Anda berikutnya adalah membuka platform Google Maps dan masuk dengan akun Google biasa Anda.
Jika Anda belum pernah menggunakan Google Maps Platform sebelumnya, Anda harus menyelesaikan proses orientasi cepat, setelah itu Anda akan disajikan dengan kunci API seperti di bawah ini:

Setelah Anda memiliki kunci, Anda dapat kembali ke WordPress WooCommerce – Pengaturan.
Di bagian bawah menu setelan, Anda akan menemukan pemilih lokasi di setelan Checkout.

Navigasikan ke halaman pengaturan ini untuk menemukan kotak untuk memasukkan kunci API Anda.

Masukkan, lalu tekan tombol Simpan di bagian bawah layar. Menambahkan kunci API itu penting karena tanpanya plugin tidak akan berfungsi.
4. Atur opsi Peta

Pastikan kotak centang “Diaktifkan”, yang terletak tepat di atas bidang masukan Kunci Google Maps API, dipilih agar plugin ini berfungsi.

Di bawahnya, Anda akan memiliki beberapa opsi perilaku peta untuk dikonfigurasi, dua yang harus diperhatikan adalah opsi “Deteksi lokasi pelanggan saat memuat halaman checkout” dan opsi “Paksa gunakan peta”:
Mengidentifikasi lokasi pelanggan saat memuat halaman pembayaran
Dengan mengaktifkan opsi ini, pemilih lokasi saat checkout akan secara otomatis mencoba mencari pelanggan saat mereka mendarat di halaman checkout.
Jika pelanggan awalnya memblokir situs Anda agar tidak mencoba menemukan mereka, mereka akan mendapatkan pemberitahuan yang meminta mereka untuk mengaktifkannya dan menjelaskan bagaimana hal itu membantu.
Pelanggan yang peduli dengan privasi mereka mungkin menganggap fitur ini efisien dan responsif karena mereka mungkin langsung memilih untuk memblokir alat pelacak apa pun tanpa mengetahui bagaimana itu membantu mereka.
Wajib menggunakan peta
Disarankan untuk mengaktifkan opsi ini karena menjamin bahwa Anda akan selalu menerima lokasi dari klien. Jika pelanggan tidak memilih lokasi mereka di peta, pemberitahuan verifikasi akan ditampilkan di halaman checkout, meminta mereka untuk memilih lokasi mereka:
5. Atur opsi lokasi pelengkapan otomatis (opsional).

Pemilik toko dapat mengaktifkan fitur pelengkapan otomatis Google, yang memungkinkan pelanggan mengetikkan alamat mereka dan memilih salah satu saran otomatis Google. Juga disebut Google Places Auto Complete/Autofill. Namun, ini terbukti tidak seakurat memilih alamat dari peta, karena alamat di database Google mungkin tidak lengkap atau tidak selalu akurat untuk negara Anda. Pengguna pro juga dapat menentukan jenis alamat yang dikembalikan oleh fitur pelengkapan otomatis lokasi.
Fitur yang berguna untuk pelanggan tetap adalah kemampuan untuk menyimpan alamat untuk penggunaan di masa mendatang dengan mengaktifkan fitur “Alamat Tersimpan”, anggap itu sebagai “buku alamat” untuk WooCommerce yang memungkinkan pelanggan memilih tempat berbeda yang mereka pesan.
6. Opsi berguna lainnya
Pemilih Lokasi di Checkout adalah salah satu aplikasi yang paling dapat disesuaikan dari jenisnya. Seiring dengan semua fitur yang disebutkan di atas, Anda juga dapat memiliki opsi yang memungkinkan Anda untuk:
- Tetapkan koordinat default untuk peta Anda. Misalnya, Anda dapat mengatur peta untuk menunjukkan kota, kota atau bahkan area lokal di sekitar bisnis Anda.
- Hapus kode plus, yang dibuat secara otomatis saat pengguna memilih alamatnya. Kode plus adalah serangkaian angka yang dihasilkan oleh Google Maps yang ditampilkan di sebelah alamat mereka. Ini mungkin membingungkan pelanggan, jadi sebaiknya matikan.
- Tunjukkan lokasi yang dipilih pelanggan di halaman tanda terima pesanan, pesanan sebelumnya dan di email konfirmasi pesanan.
- Tentukan di mana peta akan muncul. Baik di bidang alamat penagihan atau area alamat pengiriman, halaman tanda terima pesanan pelanggan, halaman pesanan pelanggan sebelumnya, atau email pesanan pelanggan dan supervisor.
- Menggunakan Aturan Visibilitas, pemilik toko dapat meminta LPAC untuk menentukan kapan peta harus ditampilkan. Seharusnya:
– Tersembunyi untuk pesanan tamu
– Tersembunyi untuk metode pengiriman tertentu
– Ditampilkan hanya ketika kupon tertentu digunakan
– Ditampilkan ketika keranjang belanja mencapai minimum tertentu, atau disembunyikan ketika mencapai maksimum tertentu dan lebih. - Ekspor pesanan toko Anda ke file CSV dengan tautan ke lokasi pelanggan.
- Ubah warna, gaya, tinggi, dan lebar untuk memastikan peta sesuai dengan desain situs web Anda.
7. Lokasi Toko

Jika Anda menjalankan bisnis Anda dari beberapa lokasi, Anda akan menemukan fitur lokasi toko yang sangat berguna.
Ini memungkinkan Anda untuk menambahkan salah satu lokasi Anda ke peta dan memberi pelanggan opsi untuk memesan dari lokasi terdekat mereka, ini juga berguna untuk menunjukkan kepada pelanggan di mana toko Anda berada (jika Anda memilih untuk mengaktifkan opsi tersebut).
8. Opsi pengiriman
Dalam LPAC versi profesional, pemilik toko dapat menyesuaikan alur kerja pengiriman agar sesuai dengan kebutuhan pengiriman/penjemputan mereka. Alur kerja yang tersedia di plugin pada saat penulisan artikel ini adalah:
– Biaya pengiriman berdasarkan wilayah
– Ongkos kirim berdasarkan jarak (tetap)
– Ongkos kirim berdasarkan jarak (range)
– Ongkos kirim berdasarkan jarak toko (untuk toko dengan beberapa lokasi)
– Biaya pengiriman berdasarkan lokasi toko (untuk toko dengan beberapa lokasi)
Fitur LPAC yang paling menarik bagi saya adalah biaya per wilayah. Anda dapat membuat zona khusus di peta dan menetapkan tarif untuk semua pengiriman/penjemputan di zona tersebut. Plus, Anda dapat memberi setiap zona nama dan warna khusus.
Dengan fitur Cost by Distance plugin, Anda dapat membuat perhitungan sendiri untuk menyesuaikan harga pengiriman secara otomatis berdasarkan jarak pelanggan dari toko Anda. Misalnya, Anda dapat mengenakan biaya $0,20 per kilometer perjalanan. Atau dengan fitur Cost by Distance Range, Anda dapat menagih $0,20 per 0-10 km, lalu $0,30 per 10-15 km, dan seterusnya.
Fitur biaya pengiriman menurut jarak toko memungkinkan Anda menetapkan harga per km/mil, biaya pengiriman dari toko tertentu yang dipilih pelanggan saat checkout, berdasarkan jarak mereka dari toko tertentu, fitur canggih yang menyenangkan untuk dimiliki . Harga pengiriman disesuaikan
Alur kerja pengiriman terakhir yang ditawarkan dalam plugin pada saat kami meninjau adalah Pengiriman berdasarkan Lokasi Toko, yang memungkinkan pemilik toko dengan beberapa lokasi untuk menetapkan harga tetap untuk pengiriman dari toko yang dipilih pelanggan saat checkout.
Gunakan pemilih lokasi saat checkout

Setelah Anda meninjau semua opsi dan mengatur semuanya sesuai keinginan Anda, inilah saatnya untuk menempatkan pemilih lokasi di Checkout agar berfungsi untuk bisnis Anda.
Pelanggan dapat memesan, memeriksa keranjang mereka, dan setelah mereka mencapai halaman checkout, peta Google akan muncul yang menunjukkan wilayah, kota, atau lokasi yang sebelumnya Anda masukkan dalam pengaturan “Tampilan” plugin.
Kemudian pelanggan dapat mengetuk Identifikasi lokasi saat ini Tekan , dan plugin akan menentukan alamat sekaligus mengizinkan pelanggan untuk memindahkan barang ke lokasi yang paling akurat jika browser mereka tidak mengenali lokasi persis mereka, atau jika mereka menolak akses situs ke lokasi mereka.
Biaya pengiriman yang telah Anda tetapkan semuanya diperhitungkan dalam persamaan, dan jika Anda memilih opsi itu dalam proses penyiapan, peta juga akan muncul di tanda terima pesanan pelanggan.

Di tempat lain, peta juga muncul saat pelanggan melihat riwayat pesanan mereka.

Di balik layar, Anda dapat melihat lokasi pelanggan pada peta di bagian pemrosesan pesanan WooCommerce, sehingga memudahkan untuk menemukannya jika Anda melakukan pengiriman sendiri.

Ini sangat mudah:
Tambahkan plugin Location Picker at Checkout ke situs web WooCommerce Anda, konfigurasikan pengaturan, dan pelanggan Anda tidak hanya memiliki kontrol lebih besar atas alamat pengiriman yang mereka pilih, tetapi pengemudi pengiriman Anda akan lebih mudah sampai ke lokasi yang tepat.
Lokasi pemilih dalam harga pembayaran
Salah satu hal yang kami sukai dari plugin ini adalah semuanya dapat dilakukan menggunakan versi gratis dari plugin. Bagi banyak bisnis kecil, ini seharusnya lebih dari cukup untuk meningkatkan proses checkout dan pengiriman Anda.
Namun, jika Anda menginginkan fitur tambahan, Anda dapat meningkatkan ke salah satu dari tiga paket di bawah ini (pada saat artikel ini dibuat).
- Lisensi situs tunggal – $39,99 per tahun
- Lisensi lima situs – $89,99 per tahun
- Lisensi situs tidak terbatas – $59,99 per tahun
Semua paket premium mencakup semua fitur gratis plus:
- Google Maps Khusus
- Penanda Peta Klien
- Alamat pelanggan yang disimpan (buku alamat)
- Alur kerja pengiriman (biaya berdasarkan wilayah, jarak, lokasi toko, dll.)
- Ekspor tempat pesanan
- Aturan visibilitas tambahan
- Batasi pelengkapan otomatis lokasi ke negara
- Dukungan dan pembaruan.
Tempatkan pemilih saat checkout – cara paling nyaman untuk meningkatkan proses pengiriman Anda
Jika ide untuk mengonfigurasi Google Maps, menggunakan kunci API, dan menyesuaikan banyak opsi transportasi yang berbeda terdengar sedikit rumit bagi Anda, kami punya kabar baik untuk Anda:
Dari saat kami memasang pemilih lokasi di Checkout hingga saat kami menyiapkan dan menjalankan peta di halaman checkout kami, seluruh proses memakan waktu kurang dari 30 menit, termasuk waktu yang kami habiskan untuk mencatat ulasan ini. .
Dengan hampir semua fitur penting yang tersedia secara gratis, dan bahkan paket profesional dengan harga terjangkau, sedikit investasi waktu dan uang dapat membuat perbedaan besar dalam bisnis Anda.
Semakin mudah bagi pelanggan untuk memastikan bahwa produk Anda sampai ke lokasi yang tepat, dan semakin mudah bagi pengemudi Anda untuk sampai ke sana, semakin bahagia pelanggan tersebut, dan seperti yang kita semua tahu, semakin bahagia pelanggan. Pelanggan setia
Plus, ketika pengemudi Anda dapat dengan mudah menentukan lokasi yang tepat yang mereka butuhkan, mereka akan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mencari pelanggan Anda dengan menelepon atau mengirim SMS. Pada akhirnya, mereka akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengirimkan pesanan tepat waktu dan efisien, yang akan membantu Anda mengembangkan bisnis Anda.
Mencari lebih banyak cara untuk mengoptimalkan proses checkout toko online Anda? Berikut adalah panduan komprehensif kami untuk 9 plugin checkout WooCommerce terbaik untuk digunakan pada tahun 2022.