Undang-undang baru mempengaruhi perusahaan mobil di Eropa
Baru-baru ini, ada banyak pembicaraan tentang perekam data acara (EDR) di industri otomotif. Perekam data peristiwa adalah perangkat memori anti-rusak yang mengumpulkan data mogok dalam mode transit. Anda mungkin mengenali EDR sebagai perekam data penerbangan. Mereka telah digunakan dalam avionik selama lebih dari 50 tahun. Apa yang mungkin Anda ketahui sekarang adalah bahwa dalam beberapa tahun terakhir mereka telah menjadi bagian penting dari industri otomotif juga. Misalnya, di China, EDR sudah diwajibkan sejak Januari 2021. Apa saja persyaratan perekaman data acara di Eropa?
Jason Dent di Unsplash
Mengapa kita mengangkat masalah hari ini? Ada pemungutan suara Uni Eropa (UE) pada 2019 yang membutuhkan EDR di Eropa. Tujuan dari peraturan ini (lebih dikenal sebagai UNECE R160) adalah untuk memahami penyebab kecelakaan di jalan. Apa arti undang-undang baru bagi perusahaan mobil dan jalur mereka menuju kendaraan yang ditentukan perangkat lunak? Inilah yang akan kita jelajahi dalam posting blog ini.
Dampak perekam data acara pada OEM
Produsen peralatan asli (OEM) memiliki waktu 3 tahun untuk mempersiapkan penerapan regulasi EDR Eropa UNECE R160. Ini akan tersedia dalam kendaraan ringan dari Mei hingga Juli 2022. Ini berarti EDR wajib untuk semua kendaraan yang baru disetujui yang dijual di UE mulai 1 Mei 2022.
Peringatan cepat meskipun – ada banyak salah tafsir undang-undang baru baik dari media dan beberapa pejabat pemerintah. Undang-undang ini tidak berlaku untuk kendaraan bekas. Ini tidak memerlukan EDR bahkan jika dijual setelah Juli 2022.
Aspek lain yang penting untuk dipahami adalah bahwa kendaraan yang dirilis sebelum peraturan (yaitu semua kendaraan baru yang disetujui sebelum Juli 2022) harus memenuhi sebelum Mei 2024 (jika dijual baru). Masalah ini telah diklarifikasi oleh parlemen. Dengan kata lain, peraturan ini akan berlaku untuk 100% mobil baru hingga Mei 2024.
Clark van der Beken di Unsplash
Pada titik ini, Anda mungkin bertanya pada diri sendiri, “Bagaimana dengan truk berat?” Nah, truk berat tidak dilupakan. Truk yang baru disetujui harus sesuai mulai Januari 2026. Model truk baru akan menyusul. Mereka harus mematuhinya mulai tahun 2029.
Apa yang dilakukan perekam data peristiwa?
Sekarang setelah kita memahami implikasinya terhadap OEM, mari kita uraikan apa yang dapat dilakukan EDR untuk memenuhi persyaratan UE. Meskipun sebagian besar kendaraan AS dilengkapi dengan EDR, undang-undang serupa sedang dipertimbangkan di AS tetapi belum disetujui secara resmi oleh Kongres pada saat penulisan ini.
UE telah menjelaskan bahwa, setidaknya dalam versi undang-undang saat ini, tidak ada data tentang mengemudi atau perilaku pengemudi yang harus dicatat dalam EDR. Ini termasuk mencegah input terkait mikrofon agar tidak direkam.
Pada dasarnya, EDR merekam data kendaraan dalam jumlah terbatas selama beberapa detik di sekitar acara.
Dari profil pertama yang dapat diakses, EDR direkam secara permanen dan menyimpan data feed selama 30 detik. Berdasarkan peraturan ini, EDR dapat bertahan hingga 5 detik sebelum acara dan hingga kendaraan benar-benar berhenti. Pada akhirnya, modul hanya tinggal beberapa detik sebelum dan sesudah acara. Lihat gambar di bawah ini:
Jadi informasi kendaraan seperti apa yang akan direkam? Berikut adalah daftar yang utama:
- Gunakan rem
- Kecepatan mesin dan throttle
- Gerakan roda kemudi
- percepatan
- sudut roda
- dampak kekuatan
- Koordinat GPS untuk lokasi kendaraan
- Miringkan dan deteksi jika kendaraan sedang menggelinding
- eCall (panggilan darurat pengawasan)
- Mode keamanan aktif (ABS, kontrol stabilitas elektronik, dll.)
- Status keamanan dinonaktifkan
- Airbag (lampu peringatan, status aktivasi)
- Status sabuk pengaman, posisi kursi depan (pengemudi dan penumpang depan) dan pembatas beban
Siapa yang dapat mengakses data?
Itu sebenarnya banyak data yang Anda tidak ingin siapa pun memiliki akses. Jadi siapa sebenarnya yang bisa mengaksesnya?
Menurut peraturan, data ini tidak dapat digunakan untuk menetapkan tanggung jawab atas suatu kecelakaan. Ini berarti bahwa data ini tidak dapat dikirim ke perusahaan asuransi atau digunakan oleh polisi terhadap pengemudi.
Markus Winkler di Unsplash
Tujuan utama undang-undang ini adalah untuk mengumpulkan statistik yang memungkinkan pemahaman yang lebih baik tentang penyebab kecelakaan. Data tidak dapat digunakan untuk mengidentifikasi pengemudi. Selain itu, harus 100% anonim dan hanya dapat diakses oleh OEM. Selain itu, EDR harus tidak mungkin dan tidak dapat diakses oleh pengemudi.
Implikasi bagi konsumen
Potensi konsekuensi negatif bagi konsumen termasuk biaya kendaraan yang lebih tinggi. Diperkirakan komponen semacam itu mungkin memiliki biaya tambahan 100 euro. Ada juga kekhawatiran tentang penggunaan. EDR dapat diperluas untuk mengumpulkan data non-anonim untuk asuransi. Terlalu dini untuk mengatakannya. Tapi kami pasti akan mengikuti perkembangannya dengan cermat.
Pertimbangan sistem operasi untuk perekam data acara
OEM harus memilih sistem operasi (OS) yang tepat untuk mendukung persyaratan EDR yang ketat ini dalam hal perlindungan data dan keamanan siber. Baik sistem EDR berjalan pada unit kontrol elektronik (ECU) khusus atau ECU yang ada (mis., infotainment), sistem operasi yang mengelola fungsi EDR harus diisolasi dengan aman dari komponen perangkat lunak lainnya di sekitarnya.
Misalnya, Ubuntu Core adalah solusi yang ringan dan fleksibel untuk kebutuhan EDR tertentu. Ini menyediakan enkripsi disk penuh dan bebas korupsi (FDE) dengan enkapsulasi data yang dijamin (yaitu, lingkungan eksekusi tepercaya). [TEE]).
Jika Anda mencari sistem operasi yang dapat digunakan untuk mendukung persyaratan EDR tertentu, hubungi kami untuk mempelajari solusi kami.
hubungi kami
Ingin mempelajari lebih lanjut tentang Kendaraan yang Ditentukan Perangkat Lunak? Unduh panduan kami!